karena dari mata turun ke kaki



tentang mereka


Beberapa hari lalu si nonik bilang, kalau Ia punya sahabat dekat, yang mana semua-muanya buat sahabatnya itu, sampai Ia juga memberi contekan untuk sahabatnya kalau lagi ada ulangan. Suatu hari teman-temannya dapat bocoran soal ulangan, termasuk sahabatnya itu, kecuali dia. Tetapi sahabatnya ga bilang kalau dapat bocoran soal, yah semacam cari enak sendiri lah. Untungnya karena nonik rajin belajar, meski ga ikutan dapat bocoran soal Ia tetap mendapat hasil ulangan yang bagus. Bahkan lebih bagus dari sahabatnya itu. Tetapi nonik terlanjur kecewa kepada sang sahabat. Ia ingin sekali menegur, tapi masih ada perasaan ga enak. Alhasil nonik cuma diem, memendam kemarahannya sendiri.

Padahal itu tandanya dunia baru saja membuka satu kelopak mata si nonik kecil. kalau di dunia ini tidak ada hal yang benar-benar indah dan ideal, seperti tidak ada pula yang benar-benar buruk dan mengecewakan. begitu pula tentang permasalahan sahabat, persahabatan, hubungan antara dua orang, ataupun hubungan antara seseorang dengan banyak orang. Di depan sana Ia akan mendapati lebih banyak pengalaman yang membingungkan, jadi mungkin ini saatnya bersiap untuk tidak terlalu banyak berharap akan sesuatu. ojo gumun.

Suatu hari akan ada yang datang ketika kita terdiam melihat udara basah dari balik jendela kamar, ia yang berkata akan selalu ada ketika dingin melingkupi hati, ia yang berkata akan membawakan jas hujan jika angin terlalu kencang menggoyangkan awan sehingga badai menerobos datang, dan ia yang berkata akan mengulurkan handuk untuk mengeringkan badan. Untuk beberapa musim hujan mungkin ia benar selalu ada, menepati perkataannya. Tapi untuk musim hujan berikutnya jangan mengharapkannya melakukan itu lagi. Kalau ia tetap ada, itu hanya bonus saja. Kalau ia pergi, jangan terluka. Ia tidak jahat, ia hanya menjalankan peran.

Lalu ada yang bilang, kalau kita ini satu-satunya yang ia punya. Hampir segala rahasia jadi cerita. Tapi lebih baik jangan cepat bangga. Agar jika suatu hari ia menyingkir karena alasan entah, kita tak akan berat menanggung rindu. Tak juga bertanya-tanya, mengapa ia tak lagi bisa membagi derita, seperti dulu. Ia tidak jahat, ia hanya menjalankan peran.

Ada pula yang menawarkan diri menjadi tameng. Membangun tembok raksasa. Katanya agar kita terjaga. Mengasah parang dan tombak, sebelum kita keduluan tertembak. Yang terkadang kita tak tau dengan siapa bermusuhan. Waktu berjalan pelan, kita terlena dalam wilayah aman, padahal ia, yang mengaku ada untuk membantu, malah asyik masyuk bermain dengan kita punya mainan kesayangan.
Ia tidak jahat, ia hanya menjalankan peran.

Semisal bertemu teman baru, yang cepat sekali akrab seperti saudara dari kehidupan lalu. Juga jangan banyak menanam kebahagiaan. Agar ketika ia tak lagi membalas pesan singkat mu, padahal dulu ia tak ingin sedetik pun kau tinggalkan, atau saat salah sambung ia buru-buru meminta maaf dan dengan segera menutup telfonnya seolah kita ini orang asing saja, maka kita tak serta merta marah dan kecewa. Ia tidak jahat, ia hanya menjalankan peran.

Akan banyak lembar-lembar mengejutkan di depan sana. Yang tak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita boleh sakit hati, boleh sesali. Tapi jangan membenci mereka, karena mereka tidak jahat, mereka hanya menjalankan peran, seperti kita yang menjalani bagian ini. Jangan terlalu banyak memberi, agar juga tidak banyak menerima. Tuhan tidak suka segala yang berlebihan bukan? yang wajar saja.

Begitulah nik...jadi...selamat ulang tahun.

11 november 2007

Labels:

« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

7 Comments:

At 11/11/2007 02:00:00 PM, Blogger coDOT said...

*atas nama menik*
makasiiih ya mbak, hihi..

 
At 11/11/2007 09:29:00 PM, Anonymous Anonymous said...

slamat ulang tahun juga buat temennya puput!

ya begitulah, semua orang punya perannya masing-masing. jadi tak usah berharap pada mereka karena cuma kau yang bisa menolong dirimu sendiri!
*sinis ya? biarlah...

 
At 11/12/2007 10:55:00 AM, Anonymous Anonymous said...

selamat ultah buat tmnmu. banyak banget yg ulang taun belakangan ini ya? :D

 
At 11/12/2007 12:11:00 PM, Blogger Nining Sutrisnaningsih said...

banyak yang ulang tahun bulan ini emang... mungkin pada tahun itu dibulan seperti ini lagi musim kawin ....

 
At 11/13/2007 02:13:00 PM, Anonymous Anonymous said...

hmm...aku juga ik..!!!

*menolak mentraktir dan menerima traktiran*

 
At 11/14/2007 10:25:00 AM, Anonymous Anonymous said...

sahabat..terkadang kita pun sungkan jika menegur si sahabat ini jika salah.

 
At 11/15/2007 02:49:00 PM, Anonymous Anonymous said...

dalam menjalin persahabatan harus berprinsip "give never asking in return", krn kalo ngitung jasa yg ada qt sering ngerasa dah memberi trlalu banyak. yuppp jgn benci mereka, mereka... gw... qt hanya ngejalanin peran saja

 

Post a Comment