karena dari mata turun ke kaki



Lebaran


Hai, sampai dimana kita? oya, sampai di ujung bulan Ramadhan. Sebentar lagi lebaran ya. Saat nya kemenangan.

Sudah beli baju baru? kata seorang teman, lebaran harus punya baju baru, minimal yang murah, biar lebaran menjadi barokah. kemarin saya liat di Tivi, seorang Ibu harus menggadaikan Tivi nya. buat biaya lebaran, beli baju baru biar anak² senang. biar ikut lebaran. biar barokah, kawan?

Sudah mudik? kemarin saya liat di Tivi pasar tumpah salah satu jalan di Jakarta di gusur, kata kepala Satpol PP, penertiban itu di lakukan biar arus mudik jadi lancar. sampe ada ibu pedagang yang nangis meraung-raung karena anak² nya butuh lebaran juga. jadi, mudik dengan mengurangi rejeki orang lain? argh!

Sudah kah anda memaafkan? mempraktekkan hukum forgive and forget? menghilangkan kedongkolan anda karena salah paham? menghapus kemarahan akibat miss komunikasi? melupakan dosa masa lalu? anda sudah? saya susah.

sudah kah anda di maafkan? masih ada yang memendam salah paham pada saya, mungkin juga buntut dari salah paham itu bisa jadi panjang. kemarahan, dendam, pikiran buruk, dan lain-lain. masih jga ada yang nge-diemin saya, ga jawab ketika saya sapa, sedang saya masih meraba salah saya dimana [updated!!! ternyata cuma salah paham, piss Jo! hehe]. masih ada juga yang sebegitunya merasa saya dzolimi. sudah kah anda di maafkan? anda sudah? saya susah.

memaknai lebaran dengan usia sejauh ini tidak seenak ketika masih ingusan dulu. memaknai lebaran tidak cukup merasa senang ada baju baru, inget banyak yang ga punya baju baru, atau punya baju baru yang nggak segampang kita dapetinnya. memaknai lebaran tidak cukup bergembira bisa pulang kampung dan kumpul bersama keluarga. ada yang di lindas demi kepentingan kita, ada yang punya banyak cerita kelak-kelok untuk bisa pulang seperti kita. ada yang nggak segampang kita bertemu keluarga.
memahami lebaran dan jargon "minal aidin wal fadzin" juga nggak mudah. banyak luka yang ga gampang diobati hanya dengan menerima maaf, banyak kesalahan yang ga gampang orang lupakan dengan meminta maaf. kata maaf kehilangan kesaktiannya. mungkin kita harus belajar pada anak² kecil, pagi berantem sore udah maen bareng lagi. lebih rumit jadi orang dewasa ya?

aniway, selamat berlebaran. minal aidin wal faidzin. banyak cinta untuk Tuhan, dunia, ummat, kekasih, anak, kawan, kenalan, dan musuh. Semoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan suci ramadhan ini. abis lebaran jadi pribadi baru, yang lebih bersih, lebih bisa nyadar arti hidup. habis di 'laundry' jangan di kotori lagi ya.
sekali lagi. Happy Lebaran, minal aidin wal faidzin. ^^


Labels:

« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

5 Comments:

At 10/10/2007 09:23:00 AM, Anonymous Anonymous said...

maaf lahir batin, put...

 
At 10/11/2007 10:17:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Putri, saya punya pertanyaan; kenapa masyarakat kita masih belum merdeka dari tradisi lampau; lebaran=beli baju baru? dan kita enggan untuk saling berbagi(?) masyarakat kita belum merdeka dari masalah besar ini; materialistik-kapitalistik.

ala kulli hal: Mohon maaf lahir bathin...

 
At 10/15/2007 06:40:00 PM, Blogger Dee said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1428 H
Mohon maaf lahir & batin Sahabat...
Semoga semua amal ibadah kita di Bulan Ramadhan diterima Allah SWT
Dan dapat dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan
Amien...

 
At 10/19/2007 12:40:00 AM, Anonymous Anonymous said...

iya benar.... lebaran memang bukan sekedar baju baru atau makanan yang enak-enak atau pula rame kumpul-kumpul bareng keluarga. menurutku, disamping saling memaafkan dan mengakui dosa-dosa kita, lebaran juga adalah perayaan kita atas kemenangan selama satu bulan menahan ego dan emosi kita...

 
At 10/21/2007 11:15:00 PM, Anonymous Anonymous said...

ada yg sama fyuut dgn gw.. gw masih merasa ada yg belom memaafkan gw, padahal gw terlalu mudah untuk memaafkan oranglaen.. tp knp gw susah untuk di maafkan.. :) keep smile wae sih, mngkn mung cah kui wae lah, sing emang susah.. Minal aidin wal faidzin ya fyutt..

 

Post a Comment