karena dari mata turun ke kaki



warnet guard


kerja di warnet. banyak orang [tentunya mereka yang tidak bekerja sebagai penjaga warnet] mengira bahwa pekerjaan ini adalah pekejaan yang menyenangkan. duduk manis depan komputer, nungguin user make jasa internet sambil maen internet sepuasnya tanpa mengeluarkan biaya, malah di bayar! nah lo, apa nggak enak tuh?

memang ga bisa mungkir kalau kerja di warnet memang kerja yang paling yahud. datang, duduk manis, brows-chatt-whatever, kalau ada rejeki ya bawa makanan-minuman-rokok [kalau cerita kawan ini, dy pernah bawa bir segala dulu waktu jaga warnet], kalau bosen ya ngobrol kanan kiri ma temen, duh.. life is just for fun. pokoknya gitu deh, surga dunia banged.. tapi apa bener seenak itu kerja kami? ow, tidak, bapak-ibu yang terhormat. menurut penelitian yang tidak benar-benar saya lakukan melainkan pengalaman personal sadja, maka perkiraan seperti itu tidak lah 100% benar.

di tempat kerja saya, yang terkenal sebagai warnet esek² luar biasa ini, yang dijual selain internet adalah jasa. melayani user as possible as we can. a user is a king. apapun mau user mangga atuh, sok aja. asal sesuai dengan norma dan adat istiadat yang berlaku. kalau ga dilayani bisa berabe, bisa aja tuh user bilang ma boss, duh tamat lah riwayat. nah, bisa dibilang gampang kah kerjaan kami?

menurut teori layanan pada perusahaan yang menyediakan jasa, customer mempunyai berbagai macam latar belakang yang otomatis akan mempengaruhi kebutuhan dia akan sesuatu. intinya, customer itu macam-macam perilakunya. ada yang sehat. ada yang manja. ada yang hobi ngomel. ada yang suka banget teriak-teriak. dan ada yang agak gimanaaa gitu. nah saya ulangi lagi pertanyaan retoris tadi, bisa dibilang gampang kah kerjaan kami?

user sehat adalah user dengan perilaku normal selayaknya manusia biasa [lho?]. dia akan datang dengan senyum, nanya tempat kosong dengan baik-baik, kalau ada kesulitan akan tanya dengan baik-baik pula, dan kalau sudah dibantu bakal bilang makasih dengan ikhlas. kalau semua user kayak gini, wah boleh tuh anda bilang kerja kami memang yahud.

user yang tidak sehat adalah user dengan perilaku kotor dan sampah [hiperbola nih], ada yang pemalu-> jadi kalau kita sapa dia nya malah nunduk, ada yang takabur juga -> kalau kita sapa dia ga jawab malah ngeloyor. macam user kayak gini biasa nya datang dari kalangan borjuis, akademis, materialis dan najis. masing-masing akan saya jabarkan dalam paragraf berikut :

borjuis atau materialis? ya iyyyyaalahh, secara gitu loch! terlebih kalau dari kalangan ini berjenis kelamin betina. HUH! tipikal cewek yang kalau naek tangga kayak pake sepatu kuda. pletak pletok peltak pletok. ladies, tau ga sih kalau sepatu kalian itu bersisik?!! eh berisik!!?? [sirik mode : auto].

kalau dari kalangan akademis maksudnya yang masih pake seragam gitu, dari seragam putih biru sampai yang seragam coklat muda-coklat tua. kalau yang putih-biru itu ributt nya minta ampun, apalagi kalau soal prenster. berasa kayak pelatihan prenster aja deh. sekarang sih mereka dah jago, tapi kalau dulu...wiiihh. "mbak, ganti layout gimana?" "mbak ni kok ga keluar poto nya?" "mbakk, kok ada verify email? padahal di email ku ga ada verify nya, trus gimana donk kalau mau kirim message?" "mbak..pake'in celana dong" halah, halah, halah. itu kalau yang masih culun-culun. beda lagi kalau seragamnya dah pake putih-abu². yang ini cenderung pendiem. tapi heri. heboh sendiri. kalau kita lengah, dah deh kayak pelm² gitu aksinya. dari peluk-pelukan sampe isep lidah lewat sedotan [lhah?], heran pokoknya, generasi muda harapan bangsa kita *keluh. nah yang paling tinggi nih, yang paling bikin emosi. apalagi karena saya ada ketidaksukaan secara intuisi [alah]. mereka ini yang pake seragam coklat. suka nya teriak-teriak. berasa dilapangan kali ya? biasa upacara kali ya? biasa nendang orang kali ya? berasa selalu ngasih perintah kali ya? jadi, kalau mereka mau minta tolong selalu ingin didahulukan. ga peduli kita lagi bantuin user, lagi bersihin terminal, lagi nganter pesenan. haduhh. ya nggak semua sih. ada beberapa yang baik dari sono nya. kalau minta tolong manggilnya alus, kalau bayar bilang makasih&senyum. nah, itu lah contoh calon aparat yang baik. hehe. kalau yang lain, duh bikin gemes aja.dikit dikit "mbakkk" trus "mbaakkk" lagi deh "mbakkk" wehh.."mbakkk" tuh kan!

hmmff, baru soal 2 user posting udah sebanyak ini. belum soal komputer dan keluhan, belum soal user dari berbagai ras [bukan rasis, tapi rasis, hehe]. jadi, untuk ketiga kalinya saya ulangi : bisa dibilang gampang kah kerjaan kami?

ya itu sih cerita subjektif ala puput aja. yang sangat ga ilmiah. mungkin juga cuma di warnet saya ajah. kalau di jogja dulu, dimana menjamurnya internet 2000/jam, mau nge-net saya harus hidupin komputer sendiri, nunggu sendiri, swalayan deh. atau memang bener kata orang jawa bilang : ono rego ono rupo ? [ada harga ada wajah..alah..apa sih bahasa indonesianya?? pokoknya harga tinggi kualitas baik lah]. ni barusan ada user request lagu, waduh mbak, kita tiga lante, server mp3 nyah satu , ga bisa rikues kek di warnet kecil dunk ah :-j bener-bener deh, bikin postingan makin ga mutu.

sekedar posting di sabtu siang nan panas & penuh. kapan-kapan saya cerita bengong nya saya di dapur cafe, ga bisa bantuin apa-apa selain ngeliat sibuk nya anak-anak cafe bikinin pesenan user yang seabrek!

have a nice weekend all :)

Labels:

« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »

6 Comments:

At 7/14/2007 11:31:00 PM, Anonymous Anonymous said...

hahaha...semua jenis pekerjaan kan ada enak ga enaknya, put. so stop complaining :D

 
At 7/15/2007 08:49:00 AM, Blogger Puput said...

hehe, namanya juga omongan ga mutu. mbok. bukan compalining..cuma ngeluh..wekekekek

met weekend mbok :)

 
At 7/17/2007 03:29:00 PM, Blogger wiwien wintarto said...

halooo... aku sering nongkrong (sendirian) di cimed nih. kapan2 aku ke sana lagi aku akan mencarimu sampai ketemu, semoga belum pindah ke lain hati, eh... warnet!

 
At 7/19/2007 09:25:00 PM, Anonymous Anonymous said...

wah nyambi di cimed yak..
kapan2 kalo mampir kasi diskon yak, put :P hehehhe...

 
At 7/22/2007 12:39:00 PM, Blogger ?? said...

Waah, enak di sini, d margonda depok. Kalo ada yg brisik, user lain yg bakal ngomel. Hihi met knal ya put.

 
At 8/18/2007 03:52:00 PM, Blogger ♥ ima ♥ said...

mari kita hajarrr mereka bu tjokro!!!

 

Post a Comment